5 Makanan Tinggi Protein yang Bagus Untuk Kesehatan

Protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalankan fungsi setiap organ dengan baik. Zat gizi yang satu ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh kita, oleh sebab itu kita harus menyuplainya dalam bentuk makanan tinggi protein. Fungsi utama protein adalah untuk membantu pertumbuhan sel-sel. Inilah mengapa anak kecil yang sedang tumbuh dan orang yang sedang sakit, sangat membutuhkan asupan protein yang tinggi. Protein berperan penting dalam masa pertumbuhan dan masa penyembuhan.

Daftar Makanan Tinggi Protein Mudah Didapatkan

Makanan tinggi protein apa saja? Menurut asalnya dibagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah sumber makanan yang berasal dari hewan, sedangkan protein nabati adalah makanan-makanan yang berasal dari tumbuhan. Makanan yang mengandung protein tinggi tidak selalu makanan yang mahal. Banyak sekali makanan tinggi protein yang harganya cukup murah dan terjangkau. Diantaranya adalah :

  1. Telur

Telur ayam ataupun telur bebek merupakan sumber protein hewani yang sangat diminati oleh anak kecil. Selain rasanya yang enak dan gurih, telur adalah bahan makanan yang cukup terjangkau. Dalam satu butir telur ayam atau yang setara 90 gram, protein yang dikandung adalah sekitar 12,8 gram dan telur bebek mengandung 13,1 gram. Tidak hanya telur ayam dan bebek, telur ikan juga ternyata memiliki kandungan protein yang fantastis yaitu 16,7 gram dalam setiap 100 gramnya.

  1. Daging ayam

Daging ayam termasuk dalam sembilan bahan pokok yang harganya selalu dalam pengawasan Pemerintah. Inilah salah satu sebab mengapa daging ayam tidak pernah mahal. Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi terlebih pada bagian dada. Dalam 100 gram daging ayam, protein yang dikandung sekitar 18,2 gram.

  1. Susu

Susu yang dikonsumsi sebagai makanan tinggi protein bisa didapatkan dari bermacam-macam hewan seperti sapi, kambing atau kerbau. Setiap susu hewan memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Susu sapi mengandung protein sebesar 3,2 gram dalam setiap 100 gram, susu kambing mengandung 4,3 gram sedangkan susu kerbau mengandung 6,3 gram.

  1. Ikan

Indonesia merupakan negara penghasil ikan yang cukup banyak karena sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Ikan diketahui sebagai makanan tinggi protein yang harganya sangat terjangkau dan mudah ditemui. Anda akan terkejut melihat tingginya kandungan protein pada beberapa ikan laut dan ikan tawar. Ikan bandeng memiliki kandungan protein sebesar 20 gram dalam 100 gram, ikan kakap mengandung 20 gram, ikan gabus mengandung 25,2 gram, sedangkan ikan bawal mengandung 19 gram.

  1. Kacang-kacangan

Salah satu sumber protein nabati yang ini memang dikenal mengandung porsi yang tinggi, ialah kacang-kacangan. Banyak sekali contoh kacang-kacangan yang ada di sekitar kita, diantaranya adalah kacang kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Kacang kedelai mengandung 20,8 gram dalam setiap 100 gram, kacang hijau mengandung 22,2 gram, sedangkan kacang tanah mengandung 27,9 gram.

Memperoleh makanan tinggi protein tidak selalu berasal dari makanan mewah seperti ikan tuna, kacang almond ataupun keju. Anda bisa mendapatkan zat gizi protein dari makanan-makanan yang murah dan berlimpah di sekitar Anda. Jadi, untuk hidup sehat tidak harus mahal ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *