5 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan beserta Efek Sampingnya

Binahong merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari Cina dan menyebar ke Asia Tenggara dan berbagai negara yang ada di dunia. Tanaman herbal ini telah banyak dibiakkan dan dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Taiwan, Korea, dan sekitarnya. Tanaman Binahong telah dipercaya dan diakui memiliki manfaat yang besar dalam pengobatan penyakit, baik ringan maupun berat, terutama luka luar.

Luka merupakan kondisi dimana jaringan tubuh kita mengalami kerusakan akibat trauma dari suatu hal tertentu. Pastinya tidak ada yang mengharapkan seseorang untuk mendapatkan luka. Akan tetapi sering kali seseorang mendapatkan luka akibat kelalaian diri sendiri maupun orang lain.

5 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan beserta Efek Sampingnya

Tubuh akan berusaha untuk merespon luka dengan meningkatkan metabolisme di sekitar jaringan yang mendapatkan luka dan berusaha untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Untuk membantu menyembuhkan luka ini, dapat dibantu dengan daun binahong.

Kandungan Daun Binahong

Berdasarkan penelitian, daun Binahong mengandung berbagai senyawa yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun Binahong antara lain adalah asam askorbat, flavonoid, asam oleanolik, saponin, antioksidan, dan minyak atsiri.

Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun Binahong mengandung beberapa senyawa kimia yaitu asam askorbat, flavonoid, asam oleanolik, dan saponin. Senyawa yang berperan dalam penyembuhan luka adalah asam askorbat. Kandungan senyawa ini akan mengaktifkan enzim prolil hidroksilase yang berperan dalam pembentukan kolagen yang merupakan penutupan luka. Dengan hal ini, maka penyembuhan luka akan semakin cepat.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk daun binahong kemudian menempelkannya pada bagian yang terluka.

  1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Daun Binahong mengandung senyawa antioksidan. Senyawa ini dapat berperan dalam mencegah dan mengobati sel-sel kanker. Cara penggunaan:

  • Ambil daun binahong secukupnya dan bersihkan
  • Rebus daun pada 1000 ml air
  • Rebus hingga air tersisa sekitar 600 ml
  • Saring dan biarkan dingin
  • Minum air rebusan daun binahong 2 kali sehari dengan volume tiap minum sebanyak 200 ml
  1. Mengobati Jerawat dan Merawat Kulit

Kandungan asam askorbat dalam daun binahong akan mempercepat pembentukan kolagen yang berfungsi dalam penutupan luka. Jerawat juga merupakan luka, sehingga luka akibat jerawat dapat diobati dengan daun binahong. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk daun binahong yang telah dicuci bersih. Kemudian menumbuknya hingga halus dan dioleskan pada luka akibat jerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Selain itu, daun binahong juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam daun binahong dapat berperan dalam penghambatan penuaan. Cara penggunaan daun binahong untuk merawat kulit adalah dengan mencuci daun binahong hingga bersih, kemudian menumbuknya hingga halus. Setelah halus, bubur hasil tumbukan daun binahong digunakan sebagai masker wajah. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Mengobati Maag

Daun Binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag. Penggunaan daun binahong untuk maag adalah dengan merebus 5 gelas air dengan 3 gelas air. Kemudian air rebusan yang sudah matang diminum sebanyak tiga kali sehari sebelum makan.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Kandungan alkaloid dalam daun binahong dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Senyawa alkaloid merupakan senyawa yang bersifat hipoglikemik yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Efek Samping Ramuan dari Daun Binahong

Selain memiliki khasiat yang luar biasa bagi penyembuhan berbagai penyakit, penggunaan ramuan daun binahong dapat menyebabkan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai dosis. Penggunaan ramuan dari daun binahong juga tidak diperkenankan dibarengi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *