Aman! Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Ibu yang sedang mengandung sang buah hatinya, harus selalu menjaga makanan, minuman, serta pola hidup lainnya. Ibu hamil harus selalu selektif dalam menentukan jenis makanan yang dikonsumsinya, salah satunya juga selektif dalam memilih obat yang aman bagi ibu hamil dan janinnya untuk mengobati penyakit yang diderita ibu hamil. Lantas, ketika ibu terserang flu atau batuk, apakah semua jenis obat batuk untuk ibu hamil aman untuk dikonsumsi?

Batuk atau flu dapat menyerang siapa saja, baik itu anak-anak, orang dewasa, serta pada berbagai kondisi, bahkan ibu hamil sekalipun. Ibu hamil harus benar-benar selektif dalam menentukan obat batuk yang dikonsumsinya, karena obat-obatan dapat mempengaruhi kesehatan kandungan, sehingga tidak semua obat batuk aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Aman! Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami dan Aman Dikonsumsi

Terdapat beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi tanpa memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan ibu hamil serta buah hati. Obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa  ditemukan di dapur. Berikut obat batuk untuk ibu hamil dari bahan alami:

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi flu dan batuk. Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari, dapat menurunkan risiko terserang flu dan batuk lebih dari 60%. Bawang putih juga dapat membantu memulihkan kesehatan tubuh yang sedang sakit.

  1. Bawang Merah

Keluarga bawang-bawangan memang terbukti ampuh untuk mengatasi flu dan batuk. Bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk untuk ibu hamil karena mengandung phytochemical yang dapat membantu menjaga saluran pernafasan terbuka. Dengan adanya senyawa tersebut, maka saluran pernafasan akan lega dan batuk pun reda.

  1. Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis merupakan salah satu obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Kandungan senyawa vitamin C yang tinggi dalam buah lemon dan jeruk nipis, dapat berperan sebagai antibakteri serta membantu tubuh dalam keadaan basa.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang efektif dan juga aman digunakan sebagai obat batuk untuk ibu hamil. Minyak kelapa mengandung berbagai senyawa yang berperan sebagai antiviral, antibakteri, serta antijamur. Minyak kelapa dapat dikonsumsi secara langsung atau dengan ditambahkan madu.

  1. Jahe

Jenis rimpang yang satu ini juga efektif digunakan sebagai obat batuk untuk ibu hamil. Jahe mengandung senyawa tertentu yang efektif dalam meredakan tenggorokan. Cara penggunaannya yakni dengan merebus jahe yang telah dibersihkan dengan air bersih. Selanjutnya dipanaskan sampai volume air tersisa setengahnya saja. Air rebusan jahe ini dapat diminum 3 kali sehari untuk mengatasi flu dan batuk yang diderita ibu hamil.

Pentingnya Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Obat batuk untuk ibu hamil sangat diperlukan dalam mengatasi maupun mencegah flu dan batuk menyerang ibu hamil. Flu dan batuk yang menyerang ibu hamil, apabila tidak segera ditangani dapat memberikan gangguan kesehatan serta tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Risiko yang paling utama adalah dapat terjadinya skizofrenia pada janin ketika ibu hamil diserang virus influenza pada trimester pertama kehamilan.

Selain itu, risiko lain yang dapat disebabkan oleh flu dan batuk ibu hamil bagi janin adalah autisme, gangguan bipolar, serta prematuritas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya mencegah flu dan batuk menyerang, salah satunya dengan beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan aman seperti yang telah diuraikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *