Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat dan Aman

Cara membersihkan telinga perlu diketahui dengan baik, mulai dari apa yang digunakan, sampai dengan bagaimana cara membersihkannya. Kebersihan telinga memang harus selalu dijaga karena di dalam saluran telinga terdapat rambut-rambut halus serta minyak yang diproduksi untuk menjaga saluran telinga dari kotoran dan benda asing yang masuk.

Kotoran dalam telinga ini, selain memberikan manfaat bagi saluran telinga, juga dapat memberikan efek yang kurang baik apabila jumlahnya telah berlebihan. Ketika jumlah kotoran dalam saluran telinga hanya sedikit, hal itu akan membantu saluran telinga dalam menghalangi air dan benda-benda asing yang masuk ke dalam telinga. Akan tetapi, apabila jumlah kotoran telah berlebih dan menumpuk, maka justru akan membahayakan kesehatan telinga. Sebab dengan penumpukan kotoran yang berlebih, dapat menutupi saluran pendengaran, sehingga pendengaran dapat berkurang. Selain itu, dengan banyaknya tumpukan kotoran, maka kuman akan semakin mudah tumbuh dan berkembang dan dapat meinmbulkan munculnya berbagai penyakit.

Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat dan Aman

Cara Membersihkan Telinga yang Tepat dan Aman untuk Dilakukan

Berikut beberapa cara membersihkan telinga yang aman dan tepat untuk dilakukan, sehingga kesehatan telinga dapat selalu terjaga:

  1. Jangan gunakan ear candle atau lilin telinga, karena penggunaannya terbukti tidak efektif dan tidak aman bagi saluran telinga. Lilin telinga justru dapat memberikan risiko cedera seperti rasa terbakar dan tersumbatnya saluran telinga.
  2. Gunakanlah obat tetes telinga untuk memudahkan pembersihan kotoran di telinga, sebab obat tetes ini dapat melunakkan kotoran dalam telinga. Obat tetes telinga dapat diganti dengan menggunakan baby oil atau dengan gliserin. Setelah dua sampai tiga hari setelah menggunakan obat tetes telinga, teteskan air hangat ke dalam telinga kemudian miringkan ke arah lain agar kotoran dapat ikut keluar bersama dengan air hangat. Kemudian bersihkan dan keringkan dengan handuk secara perlahan.
  3. Untuk membersihkan kotoran yang menumpuk, ulangi langkah nomor 2 sampai saluran telinga cukup bersih. Namun, apabila kotoran tidak dapat keluar, maka sebaiknya menuju ke dokter untuk pemeriksaan dan pemersihan dengan alat khusus. Selain itu, langkah tersebut tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki infeksi saluran telinga dan pernah melakukan operasi telinga.
  4. Membersihkan dokter dengan bantuan dokter. Dokter tentu saja dapat membantu membersihkan telinga dengan tepat dan aman. Umumnya dokter akan menggunakan alat penyedot khusus atau suction. Selain itu, ada juga pembersihan telinga dengan cara irigasi telinga, yakni dengan mengalirkan air bertekanan ke saluran telinga, sehingga kotoran dapat lepas dan terdorong keluar.
  5. Apabila penumpukan kotoran yang berlebih dalam saluran telinga terus berulang, maka segera periksakan ke dokter, sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan solusi yang terbaik. Dokter juga bisa memberikan resep obat, seperti peroksida karbamida dengan aturan pakai yang sesuai dengan resep dokter.

Efek Cara Membersihkan Telinga yang Kurang Tepat

Cara membersihkan telinga yang tidak tepat, dapat menimbulkan beberapa gangguan pendengaran dan gangguan kesehatan. Kebanyakan orang membersihkan telinga dengan cotton bud, padahal penggunaan cotton bud justru dapat menyebabkan kotoran semakin masuk ke dalam saluran telinga. Pembersihan kotoran yang dilakukan dengan benda yang keras atau tajam, dapat menimbulkan luka dan iritasi. Selain itu, beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari pembersihan telinga yang kurang tepat dan kotoran menumpuk antara lain:

  1. Menimbulkan nyeri yang tak kunjung hilang
  2. Dapat menyebabkan iritasi
  3. Menyebabkan gangguan pendengaran
  4. Infeksi saluran telinga
  5. Telinga berdenging
  6. Pecahnya gendang telinga

Oleh karena itu cara membersihkan telinga harus dilakukan dengan tepat dan aman, sehingga kotoran dalam saluran telinga dapat dibersihkan dan kesehatan telinga dapat terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *