Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu dan Bulan

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu dan Bulan

Mengetahui tentang usia kehamilan ternyata masih banyak kurang dipahami oleh para ibu hamil. Padahal hal  yang seperti ini termasuk masalah penting untuk bisa mengetahui usia kehamilan yang saat itu sedang dijalani. Selama ini masih banyak yang melakukan, untuk dapat menghitung usia kehamilan masih terus mengandalkan dokter atau bidan yang telah ahli. Cara ini memang termasuk cara yang dianjurkan untuk ketepatan penghitungan usia kehamilan.

Sebaba memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi maka banyak yang USG pada janinnya dengan cara mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ukuran jantung, ginjal dan masih banyak lagi.Akan tetapi, tidak ada salahnya jika ibu hamil tau tentang cara menghitung usia kehamilan yang bisa dilakukan sendiri.

Dengan Kalkulator Kehamilan

Di zaman yang sudah praktis ini kita bisa mudah sekali memperoleh informasi dari internet. Para pembuat aplikasi juga tidak pernah ketinggalan untuk membuat karya untuk memudahkan pengguna internet. Kita bisa dengan mudah mencari apa yang kita cari, seperti halnya aplikasi kalkulator kehamilan ini. Cara penghitungan serta tampilan designnya mungkin berbeda, ada yang polos dan ada juga yang tampilannya berkelap kelip. Akan tetapi kita harus memasukan tanggal-bulan-tahun HPHT (hari pertama haid terakhir).

Tinggi Puncak Rahim

Untuk mengetahui seberapa lama  usia kehamilan ternyata dapat dilakukan menggunakan metode tinggi puncak rahim. Caranya adalah dengan meraba puncak rahim yang menonjol pada dinding perut. Untuk menghitung kehamilan dengan cara ini bisa dimulai dari tulang kemaluan sampai pada puncak rahim. Contohnya saja, apabila  jarak antara tulang kemaluan hingga puncak rahim yaitu 18 cm, berarti kehamilan anda usianya 18 cm. Penghitungan ini juga bisa dilakukan dengan cara memakai jari tangan. Di tiap kenaikan 3 jari tangan menunjukkan pertambahan usia 3 minggu.  Apabila puncak rahim telah tepat di atas pusar, kenaikan jari tersebut menunjukkan pertambahan usia yaitu  4 minggu.Akan tetapi, hal ini tidak sering dilakukan.

Melakukan tes HCG

HCG adalah singkatan dari Human Chorionic Gonadotropin.  Ini termasuk hormon peptida yang diproduksi  ketika waktu kehamilan yang dihasilkan oleh embrio sesudah proses pembuahan yang kemudian dihasilkan dari bagian plasenta (syncytiotrophoblast). Hormom HCG ini sifatnya luteotrofik . Untuk tau usia kehamilan seorang wanita bisa dilakukan pemeriksaan hormon HCG biasanya dilakukan. Pemeriksaan hormon HCG caranya mengambil sampel urin atau air seni dari ibu yang hamil tersebut untuk menentukan usia kehamilan.  Jika dalam air seni  ditemukan adanya hormon HCG, maka bisa dimungkinkan wanita tersebut sedang hamil usia sekitar 3 sampai 4 minggu.

Tak hanya pemeriksaan pada urin, HCG juga bisa dilakukan di sampel darah. Pemeriksaan HCG melalui sample darah ini biasanya dilakukan untuk memperoleh  hasil suatu kehamilan yang tidak terdeteksi . Pada saat Anda mengalami morning sickness, maka dimungkinkan hormon HCG Anda telah mengalami peningkatan.

Jika usia kehamilan telah diketahui, maka seorang ibu hamil bisa tau juga tentang perkembangan maupun pertumbuhan organ apa yang sedang terjadi  di dalam janinnya. Selain itu bisa tau juga kebutuhan apa yang diperlukan oleh janinnya dan hal apa yang menjadi larangan untuk dilakukan selama usia kehamilan tersebut. Tak hanya itu saja, dengan mengetahui berapa usia kehamilan, seorang ibu hamil bisa tau kapan jadwal pemeriksaan sebaiknya akan dilakukan, baik ke dokter maupun ke bidan. Maka dari itu diharapkan kehamilanyang sedang dijalani menjadi sehat serta bisa menghasilkan buah hati yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *