Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Saat Kehamilan 4 Bulan

Saat usia kehamilan memasuki usia 6 bulan yang berarti memasuki bulan pertama trimester kedua, anda akan mengalami banyak perubahan pada fisik anda , selain itu janin yang berada dalam Rahim anda juga akan mengalami perkembangan yang pesat dimana bayi sudah mulai bergerak dan mulai meminum cairan ketuban.

 

Perkembangan kehamilan 4 bulan

Beberapa perkembangan janin dan bunda yang akan terasa diantaranya adalah:

Perkembangan janin

Pada minggu pertama usia kehamilan 4 bulan, janin anda berukuran 13 cm dengan berat  kurang lebih 140 gram. Janin akan terus berkembang pesat hingga pada minggu terakhir usia kehamilan 4 bulan janin akan berukuran sekitar 26 cm dan berat hingga 300 gram.

Jenis kelamin bayi sudah dapat diketahui

Pada usia kehamilan 4 bulan organ-organ janin juga sudah semakin jelas bentuknya, seperti jari-jari dan kelamin. Selain itu sidik jari janin juga sudah mulai terbentuk dan bentuk tubuhnya juga semakin proporsional.

Gerakan bayi sudah mulai dapat dirasakan ibu hamil

Janin pada usia kehamilan 4 bulan sudah mampu membuka dan menutup mulut, mengepalkan tangan dan bahkan melakukan gerakan menghisap jempol. Sehingga gerakan-gerakan janin didalam Rahim anda sudah mulai dapat anda rasakan.

Strachmark sudah mulai terbentuk

Seiring dengan perut ibu hamil yang semakin membesar pada usia kehamilan 4 bulan sehingga perut ibu hamil juga akan semakin meregang sehingga akan menimbulkan garis kehitaman yang akan anda dapati dibawah perut anda. Seiring dengan semakin tua usia kehamilan dan semakin besar juga perut anda maka garis hitam tersebut juga akan semakin jelas.

Carilah Posisi tidur yang nyaman

usia kehamilan 4 bulan anda juga akan mengeluhkan kesulitan tidur saat malam hari, anda juga akan mulai kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman karena kondisi perut yang semakin membesar sehingga posisi tidur tengkurap akan menjadi tidak nyaman, begitupun dengan telentang karena akan mengganggu tekanan darah dan pernafasan.

Anda bisa mengatasinya dengan tidur menghadap ke kiri, selain anda akan merasa lebih nyaman juga baik untuk janin karena akan membuat peredaran darah ke janin menjadi lebih lancar.

Perbanyak mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi tinggi

Usia kehamilan 4 bulan merupakan tahap terpenting untuk janin dalam pertumbuhan sel darah merah. Oleh karena itu, sebaiknya bunda lebih banyka mengonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung zat besi, bunda bisa mendapatkan asupan zat besi dari bayam, daging unggas, ikan dan daging merah tanpa lemak.

Cukupi kebutuhan kalsium setiap hari

Untuk menunjang pertumbuhan janin anda dan untuk memenuhi kebutuhan anda, sebaiknya padausia kehamilan 4 bulan anda lebih memperhatikan asupan kalsium dan mencukupi kebutuhan setiap harinya. Perbanyaklah mengonsumsi susu ataupun berbagai olahan dari susu seperti keju atau yogurt.

Ikuti senam ibu hamil

Keluhan yang sering dlialami ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 4 bulan adalah sakit kepala, anda bisa mengatasi keluhan ini dengan cara rutin berolahraga. Anda bisa mengikuti kelas senam maupun kelas yoga khusus untuk ibu hamil. Lakukan ini secara rutin agar terhindar dari berbagai keluhan lain yang mungkin biasa ibu hamil keluhkan.

Gunakan flat shoes

Jika biasanya anda sering menggunakan alas kaki dengan hak tinggi, kini sebaiknya anda sudah mulai beralih menggunakan flat shoes untuk menjaga keseimbangan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *